Inilah 11 bek pemain bola terbaik di dunia


Carvalho white 300x300 Inilah 11 bek pemain bola terbaik di dunia Inilah 11 bek pemain bola terbaik di dunia yang ditakuti para penyerang lawan. Orang selalu membicarakan siapa penyerang dan gelandang terbaik di dunia saat ini. Pandangan ini sah-sah saja meski di lain pihak posisi pemain bertahan juga menentukan maju tidaknya permainan tim.

Posisi bek selain bertahan juga kerap membantu serangan tim. Lihat aksi Gerrard Pique di Barcelona maupun Lucio di Inter Milan yang terkadang lewat tusukan-tusukan sayapnya bisa menjebol gawang lawan. Melihat ini berikut 11 bek terbaik di dunia saat ini.
1. Ricardo Carvalho

Carvalho tidak diragukan adalah salah satu bek sentral terbaik di dunia saat ini. Ia diklaim sebagai rekrutan terbaik Real Madrid pada musim panas ini setelah kedatangan Jose Mourinho.

Gerakannya cepat, pintar mengendalikan bola-bola atas, dan mempunyai teknik bermain yang menakjubkan. Sejak menyumbangkan gelar Liga Champions buat Porto (2004), namanya langsung dijejali julukan ‘jagal’ yang ditakuti penyerang-penyerang lawan.

Meski telah berusia 32 tahun, performa Carvalho tetap liat. Siapapun lawannya, ia tidak akan gampang memberikan begitu saja peluang baginya untuk mengemas gol.

2. Rio Ferdinand

Lebih dari satu dekade ini permainan Rio Ferdinand tetap konsisten. Ia menjadi salah satu bek sentral terbaik di dunia dan kunci kesuksesan Manchester United.

Posisi dan postur tubuhnya yang mendukung membuat pemain lawan kerap sulit mengalahkannya. Ketika mendapat cedera kaki serius musim lalu performa MU langsung terkena imbasnya. Begitupun Inggris yang kedodoran di Piala Dunia 2010 tanpa sang kapten.

Bersama Nemanja Vidic, Ferdinand adalah duo bek alot di dunia saat ini.

3. John Terry

Meski sempat diganggu kabar perselingkuhannya dengan Vanessa Perroncel, kemampuan John Terry menjaga daerah pertahanan jempolan. Disiplin ketat didukung kewibawaannya di lapangan membawa Chelsea sukses belakangan ini.

Berduet dengan Ricardo Carvalho masih di Chelsea sangatlah sukses dan menjadi instrumen kebangkitan Chelsea. Salah satu momen terburuknya adalah ketika JT gagal menjadi eksekutor yang jika bola masuk bisa membuat The Blues gelar pertama Liga Champions.

4. Nemanja Vidic

Duetnya dengan Rio Ferdinand sangat menjanjikan. Vidic yang terakhir menemani Serbia di Piala Dunia 2010 juga jago mencetak gol khususnya lewat bola-bola atas.

Vidic selalu bermain sederhana dan jarang melakukan kesalahan. Performanya di Manchester United . Lantaran permainan impresifnya, namanya ditahbiskan sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris musim 2008/09.

5. Ashley Cole

Status bek kiri terbaik di dunia saat ini masih dimiliki Ashley Cole. Kemampuannya dalam bertahan maupun menyerang banyak mendapat tabik dari lawan.

Cole sukses menyumbangkan dua gelar Liga Inggris buat Arsenal. Namun tajinya semakin tajam ketika hijrah ke Chelsea dan menahbiskan namanya sebagai bek kiri terbaik di dunia saat ini.

Chelsea memilih mempertahankan Cole setelah Carlo Ancelotti mempertahankannya musim ini.

6. Maicon

Dengan postur tubuhnya Maicon selalu sigap di lini pertahanan Inter Milan. Musim lalu bersama Jose Mourinho, bek Brasil ini berhasil menyumbangkan gelar treble di Guiseppe Meazza.

Berkat golnya, Inter berhak menggondol gelar Eropa musim lalu. Namanya pun digadang-gadang sebagai pemain terbaik di Liga Champions musim 2009/10.
Inter teguh ketika mempertahankan Maicon yang dilirik Mourinho di Real Madrid.

7. Carles Puyol

Tanpa Puyol,  bukan tidak mungkin Spanyol gagal meraih gelar pertamanya di Piala Dunia 2010 Juni lalu. Golnya ke gawang Jerman di semi final mengantar La Furia bertemu Belanda di babak pamungkas.

8. Lucio

Didier Drogba boleh ditanya soal kemampuan Lucio di lini pertahanan. Penyerang Pantai Gading itu dibuat takluk ketika berusaha melewati hadangan bek Brasil itu ketika bertemu di Liga Champions musim lalu.

Lucio juga bertaji ketika menyerang. Di tim nasional Brasil, dengan ban kapten yang disandangnya aliran-aliran bola ke depan kerap datang dari arahnya.
Jose Mourinho yang melihat permainannya tak kecewa ketika Inter Milan meraih gelar treble musim lalu.

9. Daniel Alves

Bersama Ronaldinho, dan Samuel Eto’o, Dabiel Alves diklaim sebagai rekrutan terbaik yang pernah dilakukan Barcelona selama satu dekade ini.

Energinya yang penuh ditambah staminanya yang menjulang membuat Alves kerap bermain sebagai bek maupun pemain sayap sekaligus. Permainannya kerap disamakan dengan Maicon, kecuali yang membedakan keduanya adalah  pemain kidal ini kerap menjebol gawang lawan lewat tembakan bebas.

Meski telah berusia 34 tahun, Alves masih dipercaya Josep Pep Guardiola menjaga lini pertahanan Azulgrana.

10. Alessandro Nesta

Setelah Paolo Maldini lengser, Nesta sukses menggantikan bek veteran itu di AC Milan.
Jika bukan karena cedera, namanya mungkin masih akan mengisi lini pertahanan Rossoneri saat ini. Namun ketika fit jarang penyerang lawan bisa menjaringkan gol ke gawang timnya.

11. Gerrard Pique

Permainan Pique kerap disamakan sebagai Franz Beckenbauer baru yang kerap bermain sebagai libero.

Dengan postur tubuh yang menjulang, Pique seringkali menyudutkan penyerang lawan . Umpan-umpannya ke depan juga kerap membantu terjadinya gol buat Barcelona.
Dengan talentanya, Pique digadang-gadang akan menjadi Beckenbauer, Franco Baresi, dan Maldini masa depan. Toh namanya telah berganti menjadi “Piquenbauer”.

tempointeraktif

Artikel Terkait:

Leave a Reply


promote podcast narnooke's Profile on Ping.sg  promote podcast